Sebelum membeli, ada baiknya kamu ketahui kelebihan dan kekurangan HP BM terlebih dahulu, agar kamu tidak lagi menyesal. Berikut pembahasannya.

Ketahui Sebelum Membeli! Berikut Kelebihan dan Kekurangan HP BM

HP BM atau Black Market adalah HP yang harganya cukup murah di pasaran Indonesia. Ini dikarenakan HP BM bersaing dan masuk ke pasar Indonesia, tanpa bea cukai. Itulah mengapa, banyak yang ingin membeli HP ini karena harganya yang murah. Namun, sebelum membeli, ada baiknya kamu ketahui kelebihan dan kekurangan HP BM terlebih dahulu.

Banyak orang yang menyesal setelah membeli HP. Penyesalan ini, muncul karena merasa tidak cocok dengan HP yang sudah dibeli. Mereka yang seperti ini adalah mereka yang tidak tahu kelebihan dan kekurangan HP yang mereka beli. Jadi, di sini dipaparkan kelebihan dan kekurangan ketika kamu membeli HP BM, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Kelebihan dan Kekurangan HP BM

Berikut akan dipaparkan seputar kelebihan dan kekurangan HP BM. Kamu bisa menjadikan ini, sebagai referensi saat akan membeli HP BM.

Kelebihan HP BM

Untuk kelebihan, akan terlihat jelas dari sisi harga. Harga HP BM, jauh lebih murah ketimbang HP merk yang lainnya yang biasa di jual di pasar HP di Indonesia. Mungkin kalau HP dengan spesifikasi standar untuk merk terkenal, kamu akan membayar kurang lebih seharga 1 jutaan. Beda jika kamu membeli HP BM. Harga 500 ribuan juga ada.

Kekurangan HP BM

Kekurangan dari membeli HP BM, sebenarnya jauh lebih banyak ketimbang kamu membeli HP yang merknya sudah terkenal di pasaran Indonesia. Namanya juga HP BM. HP yang kamu dapat dari Black Market atau pasar gelap. Pasti punya kekurangan yang cukup besar. Kekurangannya terangkum dalam poin berikut.

  • Tidak ada garansi. Jadi, kalau kamu beli HP BM, dua hari langsung bermasalah, tidak akan ada garansi.
  • Tidak ada toko resmi. Namanya juga Black Market. Kamu tidak akan pernah menemukan toko resminya.
  • Rawan penipuan. Berhubung tidak ada toko resminya, sehingga untuk membeli HP BM, kamu harus bertransaksi secara online. Penipuan sangat mungkin terjadi.

Nah, itulah tadi, kelanjutan pembahasan kelebihan dan kekurangan HP BM bagian kekurangannya. Tentu ini harus menjadi perhatian kamu, sebelum membeli HP BM.

HP Black Market adalah HP yang punya banyak sekali jenis dan merknya. Kamu bahkan bisa mendapatkan HP BM yang dari merk terkenal dengan harga yang sangat jauh lebih murah ketimbang harga aslinya.

Tentu ini akan menimbulkan pertanyaan. Apakah barang BM itu original? Jawabannya ada yang ori ada juga yang tidak. Namun, 80% barang BM itu bukan original.

Mengapa? Karena barang dalam hal ini HP yang didapatkan dari black market, sudah melewati tahap rekondisi.

Ciri-ciri HP black market yang paling utama adalah HP yang dijual dengan sistem black market sudah melewati tahap rekondisi. Tahap rekondisi adalah tahap memperbaiki ponsel bekas, agar mempunyai performa juga tampilan layaknya seperti HP baru. Jadi, bisa saja HP yang kamu beli itu, sudah hasil modifikasi yang tentunya bukan original lagi.

Apakah Aman Membeli HP BM?

Setelah melihat paparan di atas, seharusnya kamu sudah bisa mengambil kesimpulan, bahwa membeli HP BM tidaklah aman. Dari kekurangannya saja, sudah lebih banyak ketimbang kelebihannya. Resiko beli barang black market adalah resiko yang sangat besar. Sebaiknya, jangan dicoba kalau kamu tidak mau merugi.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan HP BM. Bagaimana? Apakah kamu masih tertarik untuk membeli barang BM?

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.